Ervin Taufik

PDN Flexi

Posted in Technologi by ervin andriana taufik on June 12, 2007

Akses PDN
AKSES PDN adalah akses komunikasi ke internet gateway dengan mode data paket pada network TelkomFlexi. Akses ini melalui Packet Data Network (PDN) dengan kecepatan standar CDMA 2000-1x yang saat ini dibuka pada kecepatan efektif ( throughput ) antara 30 hingga 70 KBps.Cara Akses
Agar Anda dapat mengakses TelkomNet@Flexi, lakukan setting dial sebagai berikut :No Dial : #777
Username : telkomnet@flexi
Password : telkomSetting Command
Untuk akses paket data TelkomNet@Flexi, perlu diperhatikan agar AT Command String (Extra Initialization Command) modem pada terminal yang digunakan harus disetting : AT + CRM = 1. Default setting AT Command String adalah AT + CRM = 0 yang berarti akses mode data sirkit, bila default setting ini tidak diubah, akan berdampak pada perhitungan biaya akses. Berikut ini adalah cara setting command pada Microsoft Windows :Control Panel > Phone and Modem Options > Modems > Pilih Modem > Properties > Advanced > Extra Setting

Isikan dengan at+crm=1 (packet mode) untuk menggunakan layanan internet akses melalui PDN.Biaya
Biaya yang dibebankan untuk akses ke TelkomNet@Flexi akan dihitung berdasarkan volume data yang ditransaksikan (KBps). Silakan melihat tabel tarif akses.

Terminal
Untuk mengakses ke TelkomNet@Flexi dapat menggunakan beberapa jenis terminal, yaitu handset (handphone), PCMCIA, FWT, dan PDA.


Handset (handphone)
Terminal handset/handphone dapat dihubungkan ke port serial RS-232 (9 pin) atau USB PC/Notebook dengan menggunakan kabel data yang jenisnya tergantung spesifikasi masing-masing merk/jenis terminalnya.

Selanjutnya melalui aplikasi di Microsoft Windows, user dapat menginstall modem (Add Modem) dengan pilihan Modem Standar 19200 Bps. Juga pada maximum port speed (serial port rate)-nya di-set ke 115.200 Bps. Setelah itu user dapat menggunakan aplikasi dial-up networking yang terdapat pada Microsoft Windows untuk setting nomor dial-up, username dan password-nya.

• PCMCIA
Terminal Data Card dapat dimasukkan kedalam slot PCMCIA yang umumnya terdapat pada notebook/laptop. User harus menginstall driver terlebih dahulu untuk terminal Data Card-nya yang biasanya sudah disertakan oleh vendor pada waktu pembelian terminal.

Setelah itu user dapat menggunakan software aplikasi dial-up yang sudah disertakan oleh vendor, atau dapat menggunakan aplikasi dialup networking yang terdapat pada Microsoft Windows untuk setting nomor dialup, username dan password-nya.


• FWT (Fixed Wireless Terminal)
FWT dapat dihubungkan ke port serial atau USB PC/Notebook dengan menggunakan kabel RS-232 (9 pin) atau kabel USB tergantung spesifikasi masing- masing merk/jenis terminalnya.

Selanjutnya melalui aplikasi di Microsoft Windows, user dapat menginstall modem (Add Modem) dengan pilihan Modem Standar 19.200 Bps dan pada AT Command String atau Extra Initialization Command (Extra Setting)-nya diset sesuai dengan spesifikasi masing-masing merek/jenis terminalnya (Standar Extra Setting : AT+CRM=1). Pada maximum port speed (serial port rate)-nya di-set ke 115.200 Bps. Setelah itu user dapat menggunakan aplikasi dial-up networking yang terdapat pada Microsoft Windows untuk setting nomor dial-up, username dan password-nya.


• PDA (Personal Digital Assistant)
Dapat melakukan setting pada menu Setting Connection sesuai dengan OS yang berjalan pada PDA tersebut.

 

sumber http://www.telkomflexi.com/products/index.php?page=Mjk=

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: