Ervin Taufik

Setelan Motor jadi Alasan Rossi

Posted in MotoGP, Otomotive by ervin andriana taufik on March 11, 2008

Setelan Motor jadi Alasan Rossi
Kris Fathoni W – detikSport



AFP/Karim Jaafar

Losail – Hanya menempati posisi lima di MotoGP Qatar, Valentino Rossi mengaku terkendala di masalah setelan motor. Hal itu juga berhubungan erat dengan ban Bridgestone yang digunakannya musim ini.

Pada balapan perdana musim ini di Sirkuit Losail, Senin (10/3/2008) dinihari WIB, Rossi hanya mampu finis di posisi lima. Atas raihan tersebut juara dunia tujuh kali itu jelas kecewa.

“Saya pikir kami belum siap dan penyetelan motor belum optimal. Di lap-lap pertama kami tampil bagus, tapi lalu motornya mulai banyak bergerak-gerak. Saya pikir itu adalah masalah setelan (motor),” sesal pembalap Yamaha itu seperti dilansir Autosport.

Problem tersebut diakunya terkait erat dengan penggunaan ban baru setelah musim lalu Rossi menanggalkan ban Michelin, yang kini masih digunakan tiga pembalap Yamaha lainnnya. “Kami harus melupakan semua setelan yang kami miliki beberapa tahun belakangan dan mulai lagi untuk membuat motor jadi beda. Saat under braking, saya sangat cepat tapi saya pelan di tikungan dan saya berusaha keras.”

“Saya pikir kami harus menyetel motor dengan cara yang sama sekali berbeda, karena ban-ban ini harus digunakan dengan cara yang lain sama sekali. Namun tak lebih dari sebulan lalu kami di Malaysia, kami sangat cepat, dan (Casey) Stoner ada di depan dengan ban yang sama,” beber Rossi.

Musim lalu, dia kerap melontarkan keluhan seputar ban Michelin yang digunakannya ketika itu. Ironisnya, dalam balapan di GP Qatar malah ada tiga pembalap yang lebih kencang dari Rossi dengan menggunakan produk ban pabrikan Prancis tersebut, yakni Jorge Lorenzo, Dani Pedrossa dan Andrea Dovizioso.

Lorenzo, seorang debutan MotoGP yang juga rekan satu tim Rossi, sepertinya tak bermasalah dengan ban Michelin yang digunakan Yamaha YZR-M1 tunggangannya –motor serupa yang dipakai Rossi–, untuk mencatatkan posisi dua. Di belakangnya ada Pedrosa dan Dovizioso yang juga mampu melewati The Doctor di lintasan.

Meski begitu Rossi tetap yakin kalau pilihannya menggunakan Bridgestone yang juga dipakai juara bertahan Casey Stoner, adalah tepat. Buktinya adalah posisi satu yang ditempati pembalap Australia tersebut meski start dari posisi empat.

“Kami hanya harus mengerti cara menggunakannya. Yang terpenting kami semua harus melupakan bagaimana kami sudah menggunakan motor sampai saat ini,” lugas dia.

Kalau sudah bisa “menyatu” dengan ban barunya tersebut, pembalap Italia yang genap berusia 29 tahun pada 19 Februari lalu itu pun yakin bisa mencatatkan hasil lebih mengilap. “Para pesaing ini sangat tangguh dan muda, namun saya pikir kalau kami sudah selesai (dengan setelan motor), kami akan dengan mudah bertarung dengan mereka.”

(krs/a2s)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: