Ervin Taufik

Rossi Raja Mugello

Posted in MotoGP by ervin andriana taufik on June 2, 2008

Italia
Rossi Raja Mugello
Andi Abdullah Sururi – detikSport

MotoGP

(Reuters/Giampiero Sposito)
Mugello – Mugello menjadi saksi buat Valentino Rossi untuk mulai mendominasi lagi balapan MotoGP. Untuk ketujuh kalinya berturut-turut ia menang di sirkuit kandangnya itu, sekaligus menjadikan dirinya penantang serius buat juara.

Kemenangannya itu menunjukkan bahwa tidak ada yang mampu menaklukkan “The Doctor” di kampung halamannya. Faktanya, sejak 2002 ia selalu memuaskan publiknya dengan tampil sebagai juara di Mugello.

Sukses yang direngkuhnya pada balapan hari Minggu (1/6/2008) ini juga menguatkan sinyal bahwa Rossi telah kembali ke jalur juara. Ini adalah kemenangan ketiga beruntun Rossi di musim ini, setelah berjaya pula di Shanghai (Cina) dan Le Mans (Prancis).

Alhasil ia kian kokoh bertengger di puncak klasemen sementara. Dari enam seri yang telah digelar, hanya Rossi yang telah menang lebih dari satu. Sisanya dibagi rata di antara Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan juara musim lalu Casey Stoner.

Stoner sendiri tampil sebagai runner up. Ini adalah kali ketiga di musim ini ia menaiki podium , setelah juara di seri pembuka di Qatar dan juara tiga di Cina. Adapun Pedroda mengakhiri balapan di Mugello sebagai orang ketiga yang menyentuh garis finish.

Jalannya balapan

Balapan berlangsung dalam atmosfer yang luar biasa. Lebih dari 96 ribu orang mengisi sirkuit Mugello dan membuatnya berwarna-warni. Tiga warna yang mencolok adalah biru dan kuning, sebagai ciri khas Yamaha — dan itu berarti Rossi — serta merah, simbol tim tuan rumah Ducati.

Rossi pun tampil eksentrik dan “narcis”. Ia mengenakan helm bergambar wajah dirinya dalam ekspresi “terbelalak” dengan lidah melet.

Hanya saja ia tidak bagus dalam memulai balapan. Sebagai pemegang pole position, Rossi kalah agresif dari dua rival terdekatnya. Pedrosa menjadi pemimpin lomba di tikungan pertama, disusul Stoner di tempat kedua. Rossi turun ke urutan ketiga, diikuti pembalap tuan rumah lainnya, Loris Capirossi.

Sampai lap pertama berakhir tidak ada perubahan posisi yang signifikan. Mengisi posisi lima sampai sepuluh besar di belakang empat pembalap yang disebut di atas adalah Nicky Hayden, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Colin Edwards, Randy de Puniet, dan Shinya Nakano.

Di pertengahan lap kedua terjadi pergantian pimpinan lomba setelah Stoner berhasil mengalahkan Pedrosa. Pedrosa bahkan nyaris dikangkangi Rossi juga di sebuah tikungan, tapi tidak jadi.

Rossi hanya perlu tambahan satu lap untuk mendahului Pedrosa. Tak lama berselang ia pun berhasil mematahkan Stoner di chicane. Sang Raja Mugello pun mulai memimpin.

Nasib sial belum menjauhi Marco Melandri. Pembalap Ducati yang baru mengumpulkan 24 poin dari lima seri itu terjengkang dari atas tunggangannya. Dipastikan Melandri menjadi pembalap tuan rumah yang paling mengecewakan publiknya sendiri.

Menyusul Melandri adalah Jorge Lorenzo. Di lap keenam rookie Spanyol itu meluncur miring terlalu dalam dan tersuruk ke gravel. Ini adalah kali ketiga Lorenzo mengalami insiden setelah di Shanghai pada awal Mei — yang membuatnya cedera cukup serius — , serta di sesi latihan GP Prancis dua minggu kemudian.

Namun, berbeda dengan aksi sensasionalnya di LeMans — finish sebagai runner up walaupun membalap dalam keadaan sakit — Lorenzo kali ini harus berhenti tanpa embel-embel “khusus”,out sebelum waktunya. Koleksi poinnya pun dipastikan tidak bertambah, tetap 94.

Kembali ke rombongan depan, Stoner melakukan kesalahan di lap 9, sehingga tempat keduanya direbut Pedrosa. Meski begitu sang juara bertahan mampu merebutnya kembali di lap 13.

Sementara Rossi semakin mengambil jarak dengan dua penguntitnya itu. Lap demi lap berikutnya terlewati, posisi pembalap berusia 29 tahun itu semakin aman, hingga akhirnya menyentuh garis finish sebagai pemenang.

Hasil balapan:
1. Valentino Rossi Yamaha (B) 42:31.153
2. Casey Stoner Ducati (B) + 2.201
3. Dani Pedrosa Honda (M) + 4.867
4. Alex de Angelis Honda (B) + 6.313
5. Colin Edwards Yamaha (M) + 12.530
6. James Toseland Yamaha (M) + 13.806
7. Loris Capirossi Suzuki (B) + 14.447
8. Andrea Dovizioso Honda (M) + 15.319
9. Shinya Nakano Honda (B) + 15.327
10. Chris Vermeulen Suzuki (B) + 30.785
11. Sylvain Guintoli Ducati (B) + 39.621
12. Toni Elias Ducati (B) + 50.021
13. Nicky Hayden Honda (M) + 50.440
14. Tadayuki Okada Honda (M) + 58.849
15. Anthony West Kawasaki (B) +1:00.736

Tidak finish
Jorge Lorenzo Yamaha (M) lap 6
John Hopkins Kawasaki (B) 6
Randy de Puniet Honda (M) 5
Marco Melandri Ducati (B) 5 (a2s/arp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: